Apr 07
Daar el-Qolam Festival Of Science
DAFOS (Daar el-Qolam Festival Of Science)

Ilmu adalah salah satu bagian penting dalam hidup. Seseorang tanpa ilmu maka seakan ‘ia tak bertapak di bumi’. "من أراد الدني فعليه بالعلم ومن أراد الاخرة فعليه بالعلم ومن أرادهما فعليه بالعلم"
Yang berarti “Barang siapa yang menghendaki dunia maka dengannya ilmu, barang siapa yang menghendaki akhirat maka dengannya ilmu, dan barang siapa menghendaki keduanya maka dengannya ilmu”
Perkataan di atas adalah dalil bahwa manusia diwajibkan menuntut ilmu, mau itu ilmu dunia ataupun ilmu akhirat. Kapan pun dimana pun ilmu adalah suatu hal yang tidak akan lepas dari segala aspek. Bagaimana bisa seseorang bisa bertahan hidup tanpa adanya ilmu yang membimbingnya dalam kehidupan yang kejam. Barang siapa yang tidak bisa bersaing maka ia akan tersingkirkan dan persaingan akan selalu ada dengan landasan ilmu pengetahuan.
Daar el-Qolam Festival Of Science adalah sebuah acara yang di dalamnya terdapat perlombaan untuk mengasah keilmuan santri Daar el-Qolam. Diadakan dari tanggal 1 sampai 5 April, DAFOS memiliki mata lomba seperti First Rank, Cerdas Cermat, scientist of the years, dan lain sebagainya.
IMG-20180408-WA0007.jpg
Dengan diadakannya acara yang bertujuan untuk mengembangkan soft skill santri dan tentu memberikan wadah pengalaman yang berharga untuk peserta di setiap lombanya.
Ada persaingan pasti ada pemenang. Mereka adalah :
Teka-teki silang   : 13 Generation
First Rank           : Nawal Zahira Ulwany
Logo           : Irfan Khotibul Umam
My Favorite Scientist  : M. Sultan Dhiya Ulhaq
Scientist Of the Years : Haidar Nahda dan Leily Mukarramah
Bukan hanya untuk Program Excellent Class, DAFOS juga mengadakan External dalam pengadaan acaranya. Ini adalah perlombaan antar Daar el-Qolam bertujuan untuk mengikat tali silaturahmi, bukan untuk menunjukan siapa yang lebih hebat diantara satu pihak dengan pihak yang lain. Dimulai pada tanggal 4 Maret di perpustakaan, dan berakhir pada tanggal 6 Maret.
Walau acara ini hanya sebagai pengikat tali silaturahmi pasti nya juga ada pemenang dalam acara ini, mereka adalah
Luthfi Hakim dan M.Zahran A sebagai pemenang lomba IPA terpadu
Hanifah Osama dan cahyaningtyas sebagai pemenang Biologi
Wafiq Azizah dan Salwan Salsabila sebagai pemenang Kimia
Salman Al-farisi dan Nadila Heptasari sebagai pemengan Matematika SMA
Bima Rizki dan Annisya Eka Chandra sebagai pemenang Fisika
Salla Fikriyatul dan Syifa Amalia sebagai pemenang Matematika SMP
Dengan di adakannya acara ini agar seluruh santri dapat bisa menyalurkan kreativitas mereka dalam Sains, karena seluruh persaingan akan dimenangkan dengan kreativitas yang tinggi.



Comments

There are no comments for this post.