Apr 07
Daar el-Qolam Festival Of Science
DAFOS (Daar el-Qolam Festival Of Science)

Ilmu adalah salah satu bagian penting dalam hidup. Seseorang tanpa ilmu maka seakan ‘ia tak bertapak di bumi’. "من أراد الدني فعليه بالعلم ومن أراد الاخرة فعليه بالعلم ومن أرادهما فعليه بالعلم"
Yang berarti “Barang siapa yang menghendaki dunia maka dengannya ilmu, barang siapa yang menghendaki akhirat maka dengannya ilmu, dan barang siapa menghendaki keduanya maka dengannya ilmu”
Perkataan di atas adalah dalil bahwa manusia diwajibkan menuntut ilmu, mau itu ilmu dunia ataupun ilmu akhirat. Kapan pun dimana pun ilmu adalah suatu hal yang tidak akan lepas dari segala aspek. Bagaimana bisa seseorang bisa bertahan hidup tanpa adanya ilmu yang membimbingnya dalam kehidupan yang kejam. Barang siapa yang tidak bisa bersaing maka ia akan tersingkirkan dan persaingan akan selalu ada dengan landasan ilmu pengetahuan.
Daar el-Qolam Festival Of Science adalah sebuah acara yang di dalamnya terdapat perlombaan untuk mengasah keilmuan santri Daar el-Qolam. Diadakan dari tanggal 1 sampai 5 April, DAFOS memiliki mata lomba seperti First Rank, Cerdas Cermat, scientist of the years, dan lain sebagainya.
IMG-20180408-WA0007.jpg
Dengan diadakannya acara yang bertujuan untuk mengembangkan soft skill santri dan tentu memberikan wadah pengalaman yang berharga untuk peserta di setiap lombanya.
Ada persaingan pasti ada pemenang. Mereka adalah :
Teka-teki silang   : 13 Generation
First Rank           : Nawal Zahira Ulwany
Logo           : Irfan Khotibul Umam
My Favorite Scientist  : M. Sultan Dhiya Ulhaq
Scientist Of the Years : Haidar Nahda dan Leily Mukarramah
Bukan hanya untuk Program Excellent Class, DAFOS juga mengadakan External dalam pengadaan acaranya. Ini adalah perlombaan antar Daar el-Qolam bertujuan untuk mengikat tali silaturahmi, bukan untuk menunjukan siapa yang lebih hebat diantara satu pihak dengan pihak yang lain. Dimulai pada tanggal 4 Maret di perpustakaan, dan berakhir pada tanggal 6 Maret.
Walau acara ini hanya sebagai pengikat tali silaturahmi pasti nya juga ada pemenang dalam acara ini, mereka adalah
Luthfi Hakim dan M.Zahran A sebagai pemenang lomba IPA terpadu
Hanifah Osama dan cahyaningtyas sebagai pemenang Biologi
Wafiq Azizah dan Salwan Salsabila sebagai pemenang Kimia
Salman Al-farisi dan Nadila Heptasari sebagai pemengan Matematika SMA
Bima Rizki dan Annisya Eka Chandra sebagai pemenang Fisika
Salla Fikriyatul dan Syifa Amalia sebagai pemenang Matematika SMP
Dengan di adakannya acara ini agar seluruh santri dapat bisa menyalurkan kreativitas mereka dalam Sains, karena seluruh persaingan akan dimenangkan dengan kreativitas yang tinggi.



Apr 03
Selamat dan Terus Berprestasi : Pencak Silat SMA Pondok Pesantren Daar el Qolam

​Alhamdulillah.. Prestasi kembali diperoleh siswa SMA Pondok Pesantren Daar el Qolam dalam ajang O2SN tingkat Kabupaten Tangerang dalam bidang lomba Pencak Silat Perorangan Putra. Dalam gelaran acara ini, memperoleh juara 2 atas nama Muhammad Azmi Mukhtar siswa kelas XI IPA A.IMG-20180402-WA0013.jpg

Ini adalah kali kedua memperoleh juara ke 2 di ajang yang sama. Semoga di tahun yang akan datang dapat memeperoleh prestasi yang lebih baik lagi.. 

Mar 25
Kegiatan Bagian Agrikultur : Bertanam, Bertani, Beternak.. Bisa.....

Kegiatan ekstrakurikuler siswa di Pondok Pesantren Daar el Qolam 2 yang mewadahi siswa dalam bidang kegiatan pertanaman, pertanian maupun peternakan. Bagian ini mengajak anggotanya untuk belajar bersama dalam mengembangkan minat dalam hal tanaman dan pertanian, sekaligus di dalamnya juga mengembangkan kemampuan akademis yang diperoleh di kegiatan pembelajaran di kelas .

Pengolahan lahan
Menanam bibit tanaman
20180324_165448.jpg
Memperbanyak Tanaman Hias
Menindahkan Tanaman Ke Pollybag
Membuat Kolam Lele
Harapan yang ingin di capai dari ekskul bidang agrikultur, selain mengembangkan minat, anggota juga mempunyai bekal lifeskill yang nantinya dapat bermanfaat setelah para santri lulus dari Pondok Pesantren.


Mar 23
LANGUAGE JAMBOREE

Bahasa adalah salah satu hal yang amat penting untuk kita, dengan bahsa kita bisa berkomunikasi satu sama lain, dengan bahasa kita bisa memahami ilmu yang kita pelajari, engan bahsa kita bisa menyelesaikan segala masalah di dunia, dengan bahasa kita dapat mencapai masa depan kita, dengan bahasa kita bisa bersaing dalam persaingan internasional, bahasa membuat kita berkembang.

Pramuka adalah gerakan yang melatih kita untuk hidup di luar ruangan (out door) gerakan yang membuat kita sadar akan ukhuwah islamiyah, memberikan pendidikan yang tidak mungkin di dapat di dalam kelas, melatih dan menguatkan mental setiap andikanya.Mengajarkan andikanya untuk selalu mencitai alam ciptaan tuhan, mengajarkan andikanya untuk selalu berdisiplin dan berkreativitas.

Pondok pesantren Daar el-Qolam menjadikan bahasa sebagai mahkota pondok pesantren dan menjadikan Pramuka sebagai kegiatan yang dijunjung tinggi akan pentingnya gerakan tersebut.maka dari itu, pondok pesantren Daar el-Qolam mengadakan sebuah acara yang memadukan antara dua hal tersebut.

Language Jamboree diadakan pada tanggal 20-22 Maret 2018 acara pembukaan dibuka pada pagi hari pukul 07.00 WIB. ini adalah acara yang berisi lomba-lomba berbasis kebahasaan dan kepramukaan seperti Marching Drill, Pawai Obor keliling pondok, Writing announcement, Speaking impromptu, Speech presentation, Listening to the Announcement, Cross Country, English Debate, Reading Poetry, Broadcasting dan 30 perlombaan menarik lainnya. Pemenang-pemenang dari setiap  perlombaan diumumkan pada setiap upacara pagi dan juara keseluruhan diumumkan pada malam puncak di malam kamis, mereka adalah:

Juara 1 putra Kairo Team

Juara 2 putra Allepo Team

Juara 3 putra Mumbai Team

 

Juara 1 putri Bosnia Team

Juara 2 putri Finlandia Team

Juara 3 putri  Irlandia Team

 

The best result in Toefl test :

 Juara 1 M Arief Al-awgani

Juara 2  Siti Nurhaliza

Juara 3 Labib mursyid qordowi Arridwan

 

Juara favorite putra :

Istanbul Team

Juara favoriet putri :

Islandia Team

 

Banyak para peserta yang merasakan dampak besar dikarnakan Acara ini. Tidak sedikit pengalaman yang terukir dalam hati, senang, sedih, letih pun brcamur aduk hingga menciptakan suatu rasa yang tak bisa pernah diartikan maupun tergantikan.

"Saya sangat senang mengikuti agenda bahagia ini karena dapat meningkatklan bahasa dan jadi pembelajaran bagi kita" Ahmad Dailami 4IPS B

"Saya merasa senang dengan adanya acara banyak skill baru yang tersembunyi yang bisa saya temukan dalam diri saya" Muhammad Jovial Fadilah 4 IPA B

_MG_0937.JPG

 

 

_MG_0949.JPG_MG_0984.JPG



_MG_1658.JPG


Okt 30
Kajian Islam Di Eropa Bersama Dr.Phill, Suratno MA

KAMPUS DZA IZZA -​ Jum'at 28 Oktober 2016, Daar El-Qolam Kembali mengundang salah satu dosen besar sekaligus rektor dari Paramadina University, Yang merupakan Salah satu universitas swasta di Jakarta Selatan beliau adalah Dr.Phill Suratno MA , Kedatangannya disambut hangat oleh Al-Ustadz Aan Rukmana, Tujuan diadakannya Kajian Islam di eropa antara lain Memaparkan betaapa pesatnya perkembangan agama islam di Eropa, dengan banyaknya pengalaman Yang beliau miliki saat menuntut ilmu di Negara German beliau memberikan Pengarahan bahwasannya Disiplin waktu alias On time adalah salah satu pengaruh paling besar dalam kehidupan di negara German tidak hanya itu beliau juga memaparkan tenatang toleransi beragama yang begitu kuat serta adat dan madzhab yang berlaku disana, Karena German saat ini merupakan negara eropa dengan jumlah muslim terbanyak Mengalahkan Prancis.

Disela-sela Wawancara kami Beliau Megutarakan maksudnya datang ke Daar El-Qolam Bahwasanya Kedatangannya semata guna memberikan pengarahan terhadap santriwan & santriwati tentang Pendidikan di luar sana. Beliau juga berpesan terhadap Santri Daar El-Qolam untuk Selalu Visioner dalam Segala hal Yaitu Untuk Selalu Berpikir Panjang dengan cara Bekerja Keras Dan Harus ulet dalam hal pekerjaan. Harapannya adalah agar Santriwan & santriwati dapat Menempuh Pendidikan tinggi Di Jerman.

1 - 5Next